The road to Motherhood…

the struggles i'm facing… the chances i'm taking… sometimes might knock me down… But no, I'm not breaking…

Akhirnya Laparoskopi

Setelah berhasil menenangkan diri abis kegagalan IVF di jakarta yang pertama, akhirnya memberanikan diri juga buat setuju sama advise dokter buat Laparoskopi. Dokternya sih bilang laparoskopi hanya seperti operasi kecil *well ‘kecil’ is relatif*, dibuat 3 bolongan kecil diperut untuk masuk-in alat-alat dan kamera dan setelah itu bekas luka operasi hanya kecil dan proses penyembuhan nya cepat. Dengan Laparoskopi ini dr Ivan berharap bisa melihat keadaan endomtriosis sekaligus ngebersihin dan juga Ovarian Drilling buat membantu masalah PCO.

Tadinya takuuut banget karena.. biasa deh.. kebanyakan nge google. jadi ternyata salah satu instrumen yang dimasukkin ke perut selama laparoskopi adalah kamera. jadi bisa direkam apa aja yang dilakukan oleh dokter selama proses laparoskopi tersebut. nah di youtube ternyata banyak banget rekaman orang laparoskopi. Tadinya mau liat itu dengan tujuan pengen tau apa yang terjadi… tapi alhasil malah jadi TAKUT!! :(

Dah itu faktor kedua adalah karena si Miku nggak bisa nemenin karena kerjaan di UK nggak bisa ditinggal… huhuhuhu… perasaan harus ngejalanin semuanya sendiri tanpa ada suami jadi bikin jiper juga.. what if this.. what if  that.. biasa lah parno abis..

Abis itu last but not least… that will be my first real operation yang pake dibelek-belek hueee… bikin takuuut..

Tapi akhirnya setelah dipikir-pikir dan direnungi lagi.. dan juga dengan moral support dari orang tua dan keluarga yang amat sangat berarti *thanks mom, dad, sis, and bro*… akhirnya memberanikan diri buat say yes to Laparoskopi.

Terakhir konsul ke dr Ivan tanggal 7 Dec 2009. Abis itu cuma e-mail dan sms aja buat konfirm Laparoskopy dan persiapannya. Kata dr Ivan bisa kapan aja asalkan lagi nggak mens. Akhirnya dapet slot di ruang operasi rs. Bunda tanggal 15 Jan 2010 jam 6 pagi dengan dr. Ivan.

Beberapa hari sebelum hari H, berusaha menyibukkan diri dan pikiran biar nggak stress mikirin nya. Tanggal 14 Jan malem check in ke rumah sakit buat persiapan operasi besok paginya. Alhamdulillah dapet kamar yang diinginkan.. maklum deh rumah sakit bersalin nggak bisa booking kamar karena orang melahirkan bisa kapan aja.. jadi ya tergantung yang ada aja pas hari itu. Malem-malem sampe di rumah sakit, trus diperiksa suster sama dokter jaga. Diambil darah buat diperiksa Hematologi rutin (CBC), dan hasilnya normal. Jadi dah dinyatakan kalo good to go buat operasi besok paginya. Mulai jam 10 malam puasa dan sebelum puasa minum obat anti mual buat lambung. Trus Jam 2 pagi dibangunin buat dimasukin obat pencuci perut biar bisa kebelakang dan ususnya bersih selama operasi.

Besok paginya jam setengah 5 bangun trus mandi, biar ngerasa enak badannya.. soalnya nggak tau apa yang terjadi setelah operasi.. jangan-jangan nggak bisa mandi. Trus jam 5 pagi dah dijemput suster untuk dianter ke ruang operasi. Papa sama Mama nganterin sampe ke ruang persiapan, di sana di pasang saluran infus dan dites alergi antibiotik *to be honest, that was the most painfull injection in the whole procedure*. Udah itu udah siap dan tinggal nunggu dokter nya dateng. Ya udah deh, itu tinggal pasrah aja.. berdoa dan pasrah..

Sekitar Jam 6 dr. Ivan datang dan nengok ke ruang persiapan operasi. Seperti biasa, wajah pak dokter yang satu ini yang selalu sumringah dengan senyumannya dan selalu nenangin… membuat aku tambah yakin kalo everything will be ok and i’m in the right hand. Dr. Ivan cuma ngebrief ulang nanti apa aja yang mau dilakuin. Ternyata in addition of Laparoskopi, dia juga mau ngebersihin polyp lewat Hysteroscopy .  Pokoknya aku pasrah aja, aku yakin dr. Ivan tau apa yang terbaik buat aku.

Jam setengah 7 pagi, dibawa deh ke kamar operasi masih dalam keadaan sadar. Pas Hysteroscopy di UK thn kemarin, sebelum masuk ke kamar operasi aku dah di bius dulu.. jadi nggak perlu liat betapa menyeramkannya kamar operasi.. Tapi kali ini agak2 kurang beruntung, dan dibawa ke ruang operasi dalam keadaan sadar.. dan melihat semua alat2 operasi beserta lampu-lampunya yang besar… Gosh…rasanya dah lemeesss… serem bangett… pertama kalinya aku merasa nggak nyesel dulu nggak milih FKUI pas UMPTN kekeke… mana mungkin bisa jadi dokter kalo liat ruang operasi aja takut :D tapi untungnya dr. Zul yang incharge sama hal bius membius datang dan segera menyuntikkan obat bius ke saluran infus. kayaknya cuma berhasil ngitung sampe 5, abis itu dah nggak sadarkan diri lagi.

Kebangun sekitar jam 12 siang dah diselimutin pake selimut hangat di ruang pemulihan. Trus nunggu beberapa saat sambil dilepas kateter buat pipis *yang sakiittt buangettt*, trus dah itu dianter lagi ke kamar. Nggak sempet ketemu dr. Ivan lagi, tapi mama bilang dr Ivan dah jelasin soal operasinya tadi ke papa and in summary semuanya berjalan dengan lancar. Alhamdulillah!

Nah mulailah penderitaan pasca operasi dimulai. Hauuusss banget abis sadar dari bius itu.. dan tetep loh nggak boleh minum setetes pun sampai bisa kentut. dah itu ngerasa perut bloated banget kaya masuk angin. kata susternya wajar karena tadi pas laparoskopi dimasukin udara biar bisa jelas ngeliat organ2 tubuh di dalem. Dah itu ditambah bolongan dibawah puser hasil laparoskopi agak cenut-cenut. Ya udah dibawa pasrah aja dan coba tidur. Akhirnya ketiduran dan bangun jam 4 sore. trus langsung ngebel suster dan minta minum.. karena dah haus banget dan bikin tenggorokan kering dan batuk-batuk. mana kalo lagi batuk, luka nya sakit. Akhirnya dokter jaga dateng dan dengerin aktifitas usus pake stetoskop. akhirnya dia bolehin aku minum karena dah denger suara usus beraktifitas. walaupun hanya boleh minum air putih. Abis minum udah enakkan trus sorean boleh minum teh manis hangat. malem nya masih blom boleh makan normal, cuma boleh makan bubur sumsum yang malah bikin eneg karena santen nya. Tapi ya dipaksa makan aja karena udah laper.

Dah malem susternya nyaranin buat tidur miring-miring biar bisa kentut karena banyak udara yang mesti dikeluarin… dicoba tidur miring, ya ampyuuuunnn sakitnya minta ampun.. tapi karena harus dan demi cepet sembuh ya udah dipaksain aja.. Alhamdulillah bisa mulai pada keluar tuh udara setelah gerak gerak miring kanan kiri beberapa kali. Trus malemnya bisa tidur dengan tenang.

Paginya bangun kok rasanya luka nya makin cenut-cenut… trus sama suster dikasih tambahan obat penghilang rasa sakit. Sekitar jam 10 dr. Ivan dateng buat visit. dr.Ivan bilang semuanya dah berjalan dengan baik.
– Polyp dah dibersihin sampe akar-akarnya dan dikirim ke pathology buat investigasi lebih lanjut
– Dugaan Endometriosis benar, dan dah dibersihin. Endometriosisnya di Lower Pelvic kanan membuat perlengketan ovarium dan rahim jadi agak miring, trus ini juga dah diberesin
– Ovarium di drill 6 point each buat membantu masalah PCO
– Trus dr.Ivan juga suspect adanya Adenomyosis di rahim. tapi nggak diapa-apain karena nggak mau merusak keadaan rahim.

Treatment selanjutnya, kontrol minggu depan dan suntik Tapros selama 3 bulan kedepan. Percobaan buat hamil baru bisa 3 bulan lagi sekitar April atau May.

Trus juga dah dibolehin pulang hari itu. Bekas luka dah di perban pake anti air, tapi kalo mandi mesti pelan2 dan cepet2 dikeringin… Alhamdulillah semua nya lancar sesuai rencana.. tapi ada yang nggak sesuai rencana juga sih.. pas kita mau bayar di kasir, ternyata total biayanya jauh lebih kecil daripada yang dikasih tau sebelumnya… Alhamdulillah aja lah kalo gitu.. kalo lebih mahal baru deh kebakaran jenggot kekeke… :)

Yah begitulah.. sekarang jadi istirahat dirumah, take everything slowly, mandi jadi cuma sekali sehari hehehe.. pokoknya berdoa semoga bisa cepat sembuh dan beraktivitas seperti semula lagiiiii…. Terima kasih buat semua yang udah support dan ngedoain!!

63 Comments»

  Anggi Karimuddin wrote @

Alhamdulillah ya Nit operasinya berjalan lancar.. Denger ceritanya aku lemes sendiri. Emang pada dasarnya musuhan sama hal-hal yang berbau operasi.Tapi kamu kuat banget yaa. Hebat euy.. Semoga cepat sembuh ya Nit. Cepat kembali beraktifitas. Terus dimudahkan jalannya yaaah.. InsyaAllah selalu dapat yang terbaik.. :)
Caiyooo… :D

  nityaanindita wrote @

Thanks De…
Yah gitu lah De.. takut banget, tapi kalo udah inget demiiii demii mau punya anak… ya diberani-beraniin juga akhirnya hehehe.. :)

  dephy wrote @

mba… emng brapa harganya…bales yah
aq jg mau laparoscopi ni

  nityaanindita wrote @

Hi Dephy, Laparoscopy itu harganya beda2 tergantung rumah sakit dan kelas ruangan rawat inap yang kamu pilih.
Coba ditanya ke rumah sakit kamu langsung aja.

  muti wrote @

Two thumbs up 4 u ko :),kita selalu doain moga2 lo berhasil ngelaluin semua ini dan beban elo diringankan, insyaallah akan diberikan yang terbaik,
Semangat terus ya :)

  nityaanindita wrote @

Mutaiii… thank you darling!!! hughug buat baby Freya..

  pitpit wrote @

hiks, terharu banget baca cerita2nya ..
tetep semangat ya tiko-hendra ..
*ikutan berdoa banget* mudah2an dimudahkan jalannya biar cepet dapet baby ..

  nityaanindita wrote @

thank you ya pit..

  naila wrote @

lam kenal mbak…duh jadi ikut deg2an juga neh..aku juga mo laparoskopi di bunda neh….semoga aku bisa sekuat mbak neh..

  nityaanindita wrote @

hi Naila, salam kenal juga…
jangan khawatir ya… be strong girl.. pasti bisa deh.

aku dalam waktu beberapa hari udah sembuh kok, cepet sembuhnya. semoga kamu juga nanti lancar laparoskopi nya dan cepet sembuh ya.

  naila wrote @

btw nit ..mo tanya dulu di indra anwar trus pindah ke dr ivan ..gak papa ya??abis gw di dr ivan recom dari temen gw..eh jadi bingung neh..sebenernya ahli LO setau gw dr Wahyu Hadusaputro di rs bunda juga..duh bingung euy…
skrg dah diprogram lom nit?gw dah insem gagal juga neh

  naila wrote @

eh salah maksud gw gw tuh di dr INdra anwarnya nit..klo mo pindah padahal cuman sebelah belahan doank ruang prakteknya heee jd gak enak

  nityaanindita wrote @

Hi Naila, sebenernya dokter sih cocok-cocokan ya. Kalo dr Wahyu aku denger-denger emang terkenal jagoan laparoskopy sama masalah yang blom bisa hamil juga di bunda (bukan di Morula), tapi pasiennya rameeeee banget jadi mesti extra sabar nunggu nya kalo mau sama dia.

Kalo aku sama dr.Ivan udah ngerasa cocok banget, dan udah terlanjur enak buat diajak diskusi dan ditanya-tanya. Soal capability sih aku nggak ragu sedikitpun sama dr Ivan. kan kelihatan dari cara dia ngejelasin dan meberi jawaban atas pertanyaan2 kita. Aku pokoknya udah percaya aja sama dr.Ivan dan yakin dia akan melakukan yang terbaik buat pasiennya.

Nah kalo masalah pindah-pindah dokter, aku sih cuek aja hihihi.. tapi dr.Ivan nggak pernah nanya sedikitpun ttg kenapa aku pindah.. paling nanya nya ya history treatment aja.. nggak nanya sama dokter siapa dan dimana. Paling ada yang nanya suster atau orang admin.. aku sih paling cengengesan dan senyum2 aja.. orang di buku rekam medis aku yg merah itu udah ada tulisan 3 dokter yang berbeda (bahkan waktu di sam marie dulu aku juga tetep lanjut pake buku itu). kan hak kita kok buat mencari dokter yang terbaik dan cocok :)

kalo Naila masih sreg sama dr. Indra sih ya dicoba dulu aja saran aku.. kecuali kalo udah nggak ngerasa sreg dan percaya sama dokternya, ya sebaiknya mempertimbangkan buat cari dr lain or at least buat second opinion.

Aku belum mulai treatment lagi karena ternyata aku mesti Tapros dulu 3 bulan sambil nyembuhin Hyperplasia Complex (newly found pas Laparoskopi). Aku baru mau update blog lagi ttg ini.. tapi blom ada waktu euy.. :)

Naila kapan laparoskopi nya? semoga semua lancar ya..

  naila wrote @

ini aku lg mens nunggu abis mens kan?
klo aku dulu dah pernah punya anak nit.. perempuan cuman prematur krn pernah ada polip dan terdeteksi ACA agak tinggi..
klo diitung mgkn aku dah 5 kali ganti dokter… heee…
waktu aku mint IVF ama dr indra malah dimarahin krn aku dah pernah punya anak dan katanya pangkala masalahnya mgkn pas kuret ..(hamil ke 2 aku BO)
btw dr indra lulusan mana ya??aku search di klinik morula kok susah dapat profil dokter ya??
doain ya nit InsyaAllah aku mantap semoga minggu depan dah yakin mo LO..

  nityaanindita wrote @

Hi Naila… Semoga kamu bisa mantep ya sama pilihan laparoskopi. InsyaAllah itu jalan yang terbaik. Soalnya kalo udah di laparoskopi, dr bisa liat langsung keadaan rahim, indung telur, fallopian tube, dll dan fix on the spot kalo ada masalah. Nanti minta aja foto2 dan dvd filmnya bisa direkam loh soalnya kan pake kamera. Waktu kmrn aku sama dr ivan selalu difoto keadaan sebelum, dan sesudah di perbaiki. Trus di dvd nya keliatan juga apa aja yang dilakuin sama dr. Pas kontrol ganti perban kemarin, aku dijelasin sama dr Ivan satu persatu foto2 pas laparoskopi.. Subhanallah banget.. Jadi ngebuat aku lebih menghargai kesehatan aku deh.. Abisan sereeeem bgt :p

dr indra setau aku lulusan FKUI juga kok. Coba aja kamu cari di google pake keyword nama nya dr Indra sama FKUI.

Naila semoga lancar ya apapun yang kamu pilih buat treatment selanjutnya.. Ayo semangaaatt!! :) share2 ya nanti kalo jadi LO..

  Nana wrote @

Maaf mau tanya nih,kasus kamu dilaparoskopi apa?saluran terlu buntu atau yang lainnya?
Tolong infonya ya… :)

terimakasih banyak

  Bita Puspa wrote @

halo mba,
namaku Bita, aku pasien dr Ivan jg di Morulla, sama persis sama mba, aku jg baru aja operasi laparascopy dua hari setelah mba nitya, tepatnya 17 January 2010, sebulan kemudian, 3 hari lalu aku diberikan obat femara, untuk membantu pembentukan sel telur yang bagus, proses operasi laparascopy ku sama persis dengan mba, cuma krn aku ga dapet kamar yang aku mau, aku masuk jam 5 pagi di rumah sakit :) …kita sama2 berusaha yah, semoga diberikan hasil dari Nya yang terbaik,
salam
//Bita

  nityaanindita wrote @

Halo mba Bita salam kenal ya… Wah seneng deh ketemu temen yang samaan :) mbak kmrn LO karena endometriosis juga? Trus skrg gimana mba udah mulai lagi program?

Aku masih nunggu 2 bulan lagi mbak. Kan abis Tapros yang untuk 3 bulan itu trus aku mesti minum provera juga buat menipiskan dinding rahim biar sel2 yang nggak normalnya hilang.

Cerita2 ya mbak pengalaman program abis LO nya gimana. Aku rencananya mau coba natural cycle dulu dan dr. Ivan juga ngedukung. Kalo mau japri email aku aja di nitya.anindita@gmail.com

semangat ya mbak buat program selanjutnya..

  elly wrote @

Salam kenal mbak, aku seneng banget ketemu temen baru yang saat ini sedang berjuang. Aku sdh 10 tahun berusaha untuk punya anak dan saat ini aku salah satu pasien dr. Indra di Morula. Aku pun didiagnosa endometriosis dan harus di lakukan tindakan Laparoskopi. Tapi kenapa dr. Indra merujuk aku ke dr. Wahyu ya…
Dan lagi terus terang mental aku belum siap

  nityaanindita wrote @

Hali mba elly… yang sabar ya mbak.. Kita sama-sama berjuang.. Pokoknya harus sabar dan nggak putus asa buat berusaha. InsyaAllah semua rencana yang di Atas ini pasti ada hikmahnya juga buat kita.

Mbak elly, di thread comment ini ada mba naila yang juga pasien nya dr indra dan lagi persiapan mau laparoskopi. Setau aku sih dia LO nya bakalan di handle langsung sama dr indra. Aku juga sempet bingung knp mba elly di refer ke dr wahyu ya.. Dr wahyu prakteknya di bunda mba bukan di BIC. Setau aku dia memang amat sangat terkenal sama laparoskopi. Pasiennya dia banyak banget jadi kalo mau ke sana mesti sabar nunggunya :)

ya udah mba cari-cari info dulu aja atau datang ke dr. Wahyu buat tanya-tanya dulu sambil memantapkan hati. Semoga lamcar ya mbak apa pun pilihan treatment yang di jalanin.. Share-share ya mbak pengalamannya biar aku juga ada temen sharing :)

  naila wrote @

haloo buat mbak elly..
iya bener kata nithya aku pasien dr indra..
aku ditangani sendiri kok ma dr indra mbak..
dulu sempet ditawarin ke dr wahyu… tapi di klinik raden saleh..itu supaya biayanya lebih murah aja…
tp akhirnya aku ke dr indra aja biar sekalian..ribet pindah pindah
gak tau juga ya mbak mungkin dr liat sejarahnya dulu kale..maksudnya liat record mbak yg dulu dan mgkn lebih baik ditangani yg ahli LO..mungkin loh mbak..
tanya tanya aja kale mbak kenapa direkom ke dr wahyu…
krn setauku dari suster rata rata dr di bunda dan morula bisa LO kok..
tetep semangat ya mbak elly…

  Fadriyah wrote @

Slm kenal mba, salut! U/mba.aq sdh 8 thn menikah, blm hamil2 & 2 thn yg lalu aq konsul di BIC, stlh di hsg bnr sj pasti hslnya ada endometriosis krn sdh bbrp RS menyatakan spt itu. Aq hrs di laparoskopi.., stlh tahu hal itu aq ga pernah balik lg ke sana alias ngacir..krn takuutt!! – mba bgm cr spy mentalnya brani? & smoga mba berhasil u/mndptkn baby..

  Fadriyah wrote @

Slm kenal mba, salut! U/mba.aq sdh 8 thn menikah, blm hamil2 & 2 thn yg lalu aq konsul di BIC, stlh di hsg bnr sj pasti hslnya ada endometriosis krn sdh bbrp RS menyatakan spt itu. Aq hrs di laparoskopi.., stlh tahu hal itu aq ga pernah balik lg ke sana alias ngacir..krn takuutt!! – mba bgm cr spy mentalnya brani? & smoga mba berhasil u/mndptkn baby..& trims u/ share

  nityaanindita wrote @

Salam kenal juga mba Fadriyah. Mba kalo aku pokoknya inget mau usaha maximal.. inget aja tujuannya mau punya anak. Mungkin aku udah saking pingin nya kali ya mbak, sampe takutnya udah kalah deh :) Trus aku juga dapet support yang besar banget dan amat sangat berarti dari keluarga. Mereka nemenin terus all the time di sebelah aku dan ngedukung aku terus.

Aku juga pokoknya mikirnya usaha berdoa usaha berdoa aja. Pokoknya aku pengen usaha sampai maximal sampai nggak ada lagi yang bisa aku lakukan dan baru deh aku bisa pasrah.

Kalau belum yakin mau LO atau pilihan treatment yang lain, banyak-banyak aja berdoa mbak, semoga dikasih jawaban sama yang diAtas ya mbak. Take your time to make any decision in your treatment.

Semangat terus ya mbak.. jangan putus asa.. insyaAllah usaha dan doa kita dilihat, didengar, dan dikabulkan sama yang diAtas.

  kiara wrote @

Hi salam kenal nit,
Aku hari ini baru ktm dr ivan, dan aku harus laparoskopi karena ada miom kecil dan hydrosalping (kalo nga salah nulisnya), kalo da itu, aku bole coba ivf lagi.
2 thn yang lalu aku ivf dan gagal. Dan aku jg pernah 2 kali operasi kista.

Jd td stlh baca prosesnya, waduh tkt dengan cairan pembersih perut dan tes alergi serta saat2 terakhir wkt dibius – oh god that was the bad moment ever – I cried out ‘loud’ during last 2 times.

But still, aku mesti jalanin :( whatever happen.

Kiara

  nityaanindita wrote @

Hi Kiara,

Salam kenal juga ya.. Tenang aja kalo sama dr. Ivan Laparoskopi nya insya Allah semua lancar dan dr Ivan juga orang nya santai banget jadi ngebantu ngebuat kita tenang juga. Trus luka laparoskopi nya cepet banget sembuh kok cuma kecil sekali.

Trus suster-suster di bunda juga sabar dan baik. Aku waktu pas di tes alergi juga kesakitan, tapi suster nya nenangin aku kalo nggak apa-apa. cuma sakit sebentar.

Pokoknya waktu aku kmrn udah ngerasa pasrah aja.. pokoknya yang dipikirin punya anaknya aja. inget aja kalo semua rasa sakit itu cuma sesaat aja dan untuk demi kita mau punya anak. nanti kalo udah punya anak, happy nya kan insyaAllah terus menerus.. nggak sebanding lah dengan sakit yang harus kita jalanin pas LO.

Semangat ya Kiara… jangan takut ya… InsyaAllah semuanya lancar ya

  kiara wrote @

thanks bgt … i hope i can !

  elly wrote @

Hi, Mbak Nit dan Mbak Naila, terima kasih untuk supportnya. Yg penting kita tetap semangat dan berusaha. Apa kabar Mbak Naila, apa sdh LO?

  naila wrote @

alhamdulillah baik mbak elly..
aku dah LO tgl 20 Februari kemarin kok mbak..
jaitan udah kering….
aku di LO sendiri ama dr indra anwar kok mbak..cuman 1 jam 15 menit..
cuman ngebersihin pelengketan dikit n endometriosis ringan aja..
ayo mbak gak usah takut LO…
o ya temen aku dapat jataj di dr wahyu di klinik infertilitas cikin nanti tanggal 1 april ..katanya harus booking dulu krn daftarnya panjang hee
periksa nya juga di bunda cuman penanganannya temenku pilih di raden salaeh toh dokternya sama..dr wahyu juga..
silahkan tanya dr indra mbak kenapa direkom ke dr wahyu..krn setauku dr indar bisa juga LO tuh…
tetep semangat ya mbak…ditunggu kabar selanjutnya

  suryani wrote @

Sorry ya aku ikut nimbrung, naila, aku jg baru mulai konsul sama dr indra. Rencana pgn ivf dgn dia. Aku dpt mskan dr temenku, ktnya kalau pco, mendingan d ovarian drilling dl. Naila, kamu kmr LO sama dr indra skt gak? Penyembuhannya cpt? Trs berapa bulan stlh itu bisa mulai fertility treatment? Thanks before.mg2 bs saling bertukar info ya. Aku jg udah 5 taon ttc,…

  Cinde Hadi wrote @

Hai salam kenal,
Aku nikah 6 Feb 2008, Aku besok (27 April 2010) mau LO sm Dr. Wachyu coz KET (hamil diluar kandungan), ini kehamilan pertamaku, hari pertama mens terakhir 25/02/10, usg luar n dlm ga ada janinnya, tp test pack n tes darah tetep positif, cek ke RSCM trnyta calon bayiku ada di tuba kiri, dan udh pecah, jd hrus diangkat, dan yg lbh sedih lg trnyata tuba kiri jg hrs diangkat. Aku udh ikhlas, smg ini jalan terbaik, doakan ya tman2, dktr wahyu blg walau cm pny tuba n ovarium kanan tp kemungkinan hamil lbh besar, smg cepet dpt pengganti yg lbh baik amin..

  teguh wrote @

kl blh tau biaya laparoskopi brp ya?krn rencananya istri sy jg mau laparoskopi.thanks infonya.

  nityaanindita wrote @

Pak Teguh,
Biaya Laaroskopo berbeda2 tergantung setiap rumah sakit. Bapak sebaiknya langsung menghubungi rumah sakit dimana istri bapak berencana untuk menjalani laparoskopi.

  jaemi wrote @

halo salam kenal ya,
aku mau berbagi ttg LO ku kemarin ini, kalo lagi iseng cek aja ke :
http://wherehappinesscomesfrom.blogspot.com/
smoga berguna ya.tq

  nityaanindita wrote @

Jamie, thanks for sharing! :)

  Lina wrote @

Hi Nitya, apa kabarnya, wih ternyata ketemunya di sini. Semoga masih inget nih, Lina dulu kita sekantor di lt. 18, mungkin kalo ketemu baru apal muka kali ya :). Dirimu udah di Indo lagikah? Terakhir yg aku tau sebelum aku resign, kalau gak salah di UK ya. Iya nih, ceritanya aku mau LO sama dr. Wachyu minggu depan, biasalah lagi jadi miss google karena agak parno, ehh tau2 ketemu blog dirimu ini soal LO. Sepenangunggan deh kita, aku udah dari 2008, ganti dokter 5x, hidrotubasi 3x, ribuan butir obat utk PCO, akupuntur sampe ke sinshe pun udah. Sekarang lagi mau LO utk ovarian drilling nih. Hhhhhhh tegang juga deh ya, walopun katanya cuman band-aid procedure.
Gimana sekarang dirimu sudah sakseskah..? Semoga sakseiis semuanya yaa.. Btw, aku boleh tanya2 liwat e-mailkah? Sepertinya next target mau IVF nih, makelum kejer setoran umur nih hehe, jadi mau berguru IVF dulu sama dirimu :). Oke deh..good luck ya.
Cheers,
Lina

  nityaanindita wrote @

Halo Lina, aduhh maaf ya kalo aku nggak inget :( kalo liat nama sih kayaknya inget, tapi nggak kebayang muka nih hehehe.. maklum dah lama banget ya.

Iya sampai sekarang aku masih di UK sama Hendra. Awal tahun lalu sempat lama di Jakarta untuk berobat ini itu… tapi sekarang aku udah balik lagi ke UK, soalnya kasian Hendra sendirian disini. Lina sekarang dimana?

Boleh banget kalau mau e-mail aku di nitya.anindita@gmail.com ya. semoga sukses ya LO nya. Aku PCO nya udah balik lagi nih :( nanti lina kalo abis Ovarian Drilling mesti cepet2 treatment, soalnya keburu PCO balik lagi. Kemarin kayaknya aku cuma last 6-8 months deh. abis itu terakhir USG bulan kemaren udah balik lagi si PCO nya.

Sampai sekarang aku belum sukses nih. lagi mau coba IVF lagi disini insyaAllah akhir bulan ini. Semoga kali ini berhasil deh hehehe.. good luck ya lin buat LO nya.

  Liana wrote @

Hi Nintya .. salam kenal ya,
Aku browsing2 ttg pengalaman laparoskopi dan menemukan website ini.
Insyaallah aku besok juga mau laparoskopi dengan dr Ivan juga.
Thanks to you udah sharing pengalaman laparoskopi-nya shg aku jadi punya bayangan.

Aku juga sudah 4 thn married dan sama dengan nintya .. masih berjuang agar bisa menjadi seorang Ibu.

  nityaanindita wrote @

Hi Liana, semoga lancar ya LO nya ;)

  ikha wrote @

salam kenal mbak nitya… deuh.. terharu banget baca tulisan mbak nitya neh.. terus berjuang demi baby.. oiya mbak, praktek dr. ivan cuma ada di rs. bunda aja ya?. saya sudah 9 bulan menikah, belum punya baby, udah ke dokter berkali2, saya positif kista endometriosis.. tp belum direkomendasikan untuk laparoskopi.. kalo sebelum laparoskopi, treatment apa ya yang bisa mengecilkan endometriosis?. dan pada saat mbak nitya konsul ke dr. ivan, apakah dokter menyatakan kalo endometriosis itu salah satu penyebab belum punya baby mbak??.. deuh.. semoga kita semua diberikan kelapangan dada dan bersabar… :)

  nityaanindita wrote @

Hi Ikha Salam kenal juga.
Dr Ivan praktek di klinik morula. Adanya di BIC (Bunda intl. Clinic) tempatnya beberapa gedung disebelah rsia Bunda.

Untuk treatment endometriosis dengan obat2an aku kurang tau mungkin ada ya. Tapi kalau kata dr Ivan, endometriosis nggak bisa dipastikan benar2 ada hanya dengan USG. Endometriosis baru bisa dipastikan kalau dilihat kedalam pake kamera salah satunya dengan LO. Tapi kebanyakan dokter2 obgyn tau pasiennya menderita endometriosis berdasarkan gejala aja dan pengalaman mereka melihat rahim melalui usg.

Dan berdasarkan penjelasan Dr Ivan juga, endometriosis tidak mencegah kehamilan. Tapi berdasarkan statistik saja, perempuan yang memiliki endometriosis, tingkat keberhasilan hamilnya lebih rendah. Jadi ada endometriosis bukan berarti nggak bisa hamil.

aku saranin lebih baik ika konsultasi aja ke dokter ika atau mencari second opinion di dokter lain biar lebih jelas ada option treatment apa saja. Good luck ya ka, semoga berhasil ya kita cepet2 jadi bumil ;)

  Marlin wrote @

Hai Nitya, salam kenal ya.. Aku mao tanya, kmu sehabis LO, dikasih minum obat apa aja? Pendarahannya brp lama? Coz aku dah 2 mg tp blm brenti2 jg niy.. Jd rada worried jg…:-( tx 4 sharing ya..

  nityaanindita wrote @

Hi Marlin, abis LO seinget aku cuma dikasih antibiotik beberapa hari. Spotting cuma 2 hari sesudah LO itu juga dikit banget. Sebaiknya diperiksaiin ke dokter kalau masih bleeding terus. Udah cek ganti perban ke dokter belum? Sekalian aja. Waktu itu aku satu minggu abis LO cek mau ganti perban sekalian kontrol. Tapi ternyata luka nya udah kering jadi diperban biasa abis itu.

  risa wrote @

Hai mbak nitya dan semua..salam kenal yaa..sama2 seperjuangan untuk dapet baby :) salut buat semangat mbak nitya yg luar biasa..aku kadang udah pasrah :(
Oya, aku udah LO bulan februari kemaren,trus tapros sampe april. Sekarang lg mulai lg program..semoga yg sekarang jadi *hopefully*

Bantu jawab mbak marlin..aku jg setelah LO mens sampe 2 minggu, dan kata dokter (aku sama dr wachyu) itu wajar kok. Mens pertama setelah LO memang agak lama dari biasa.

Well..tetep semangat ya semuaa.. Allah SWT said, if u never felt pain or experienced problems,how would u know I am the Healer?

  Suci wrote @

Slm knal buat tmn” sperjuangan…! Aq dah dpt surat pngantar tuk tindakan medis laparoskopi. Tpi perlu persiapan mental tuk jalaninya. Akhirnya ku ptuskn bulan depan hbis lebaran ni. Hari” terasa was” & takut bila hari tu datang.

  wati wrote @

Hai mbak nit, salam kenal,.kebetulan aku jg disarankan oleh dr I, pengen tau kmrn waktu laparoskopi dg dr I abis berapa yach?Thanks.

  yani wrote @

Hai mba Nitya, setelah menjalani semua itu, apakah mba sudah berhasil hamil? Thank u

  nityaanindita wrote @

Hi Yani, salam kenal ya… aku udah lama nggak update Blog nih. Sampai sekarang aku masih berusaha dan tetep yakin, one day Yang Diatas akan ngasih rejeki Anak. Amiiin :)

  rossandy wrote @

hallo semua salam kenal yah…aku ita,rencanany mggu depan aku mau LO,dan seperti kalian kebanyakan,aku sangat takut operasi,tp demi aku pengen mendapatkan baby akhirnya aku buang rasa takut ini,minta doanya yah biar semuanya lancar…amin…

  nityaanindita wrote @

sorry telat. semoga LO nya lancar ya. Amiiin

  Dewi kania wrote @

Tikoo…wow..hebat skali perjuanganmu…
Aku baru ngejalanin HSG kemarin..20 Feb 2012…dan terhenyak dg saran Dr radiologi kalo aku mesti laparoskopi…lalu browsing lah aku ttg laparoskopi…
Trnyata ampe di belek segala yaaa…aduhh..gak kebayang se serem itu….terus yang aku pnasaran ttg biaya nya nih…brrapa dulu biaya yg dikeluarin…krn aku hrus well prepared :(
Btw..dg laparoskopi…apakah berjalan efektif Cara itu? Tentunya efek setelahnya…apakah Ada masalah…..({}):* ♏αα º°˚ ˚°καçϊϊϊн….¨;;)\=D/ tikoooo

  nityaanindita wrote @

hai haiiii ini siapa yah.. i know only some people who called me Tiko hehe
Sorry telat reply nya. semoga sukses ya laparoskopi nya kemarin.
PM aku aja kalo mau nanya2 or something.

  hani handayani wrote @

halo mba,, dua hari kemaren juga aku operasi usus buntu pake per laparoscopy,,, sesuai banget cerita nya ma yang kmu ketik….

  nityaanindita wrote @

Hi Hani. Semoga udah sembuh ya LO krn usus buntunya.

  redina wrote @

m,f ya..saya jg penderita endometriosis,saya mau lapakroskopi..tp ga tau mau rmh skt mana,,klo Rs bunda itu dmn ya

  nityaanindita wrote @

Hi redina. Rs. Bunda itu ada di menteng. coba aja di google. nanti show up alamat pastinya.

  Ressy arkad wrote @

Way seneng bgt baca coment2nya..semoga semuanya berhasil DPTmomongan ya.MBA Redina semoga cepat DPR momongan ya.aku Tgl 4 Juli ini laparascopy dan Dr wahyu.doakan ya berjalan lancar.cuma sampe skrg aku belum kelar kontrol karena aku juga punya pengenalan darah,harus ada rekomendasi dari Dr darah dulu n ngobati lambung dlu.byk yg musti dicek.jgn sampe kumat lambungnya pas sadar nanti,emang mual BT ya ? Share lagi dong proses setelah sadar.apa betul mual banget ya? Aku punya maag ya mudah2an Allah melindungi ku ya.

  sun wrote @

Hai all…aku juga baru LO bln juni kmrn utk ambil mioma ( posisi diluar rahim ), alhamdulilah smua keadaan rahim ku baik2 smua tidak ada yg buntu salurannya , dan dokter menyarankan aku utk tidak hamil dulu dlam jangka waktu 6 bln sd 1 thn ..lama ya ? ada gk yg kasusnya spt aku?? kok bisa di suruh jgn hamil dulu ?…smoga saja ikhtiar aku dgn laparaskopi …segera diberikan keturunan …amin

  Annie wrote @

Hai Mba Nit dan semuanya, salam kenal. Baca pengalaman temen2 disini yg LO serut bgt. Aku jg LO 2 mg lalu krn ectopic hikss. Tp waktu itu udah gak ada perasaaan takut sama sekali coz dah setengah sadar akibat sakit perut, jd pasrah aja sama dokternya haha…. percaya abis sama dr nya, yg penting sakit perutku sembuh. Cuman sempet mikir hah di infus tangan kiri kanan, plus minta darah ke PMI segala. what ever lah… Mba Nit msh konsul ke dr Ivan? Kalo aku ke dr. Irham, kmrn LO ku dibantu dr Ivan jg. Pernikahanku dah masuk 5 taon, mulai ke BIC taun kmrn.
Sempet down tp baca pengalaman mba Nit hrsnya aku lebih sabar kali ya.

  nityaanindita wrote @

Hai Annie, aku udah nggak konsul ke dr.Ivan karena aku udah nggak di jakarta lagi. Goodluck with your treatment ya :)

  amelia wrote @

hallo mbak nintya salam kenal, aku jg ada endometriosis, sudah ke prof.jacoeb sam marie,katanya adenomiosis dan harus laparotomi. cari pendapat lain aku ke dr.ivan, orangnya ramah jd kita merasa nyaman dan mau nerangin ini itu meski ga panjang lebar krn pasien banyak. aku yg segitu takut LO kemarin2, begitu ketemu dr.ivan langsung oke..tp ada lg pendapat katanya dr.wachyu yg ahli LO, akhirnya datang lg ke sana, orangnya baik tp karena mungkin beliau senior jd yah nda seperti dr.ivan itu. dr.wachyu pun bilang harus LO. nah skrg bingung pilih dokter yg mana mbak?? ada saran? karena bulan depan rencananya mau LO..di tunggu sarannya mbak2..

  nityaanindita wrote @

hai amelia, if i were you, i will go with the doctor whom i trust and also i’m comfortable with. i believe dr. wachyu dan dr. ivan they are great doctors. whoever you decide to go with, you are in a good hand already! sukses ya LO nya.

  Flowery wrote @

Hi aku juga pasien dr.ivan dan dianjurkan juga utk laparoskopy, tapi yang anehnya kemaren aku habis inseminasi trus sampe skrg aku blm haid2 juga, padahal tgl haid aku bulan lalu tgl 17, tp aku udah testpack negative terus :(mau cek ke dr.ivan baru dapet giliran nanti senin tgl 27..ada yg pernah spt aku ga?


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 25 other followers

