The road to Motherhood…

the struggles i'm facing… the chances i'm taking… sometimes might knock me down… But no, I'm not breaking…

Setelah 3 Bulan on Tapros & Provera

Yaiy finally!! I’m 3 days away from graduating Tapros & Provera treatment hehehe… Buat yang nggak ngikutin cerita ku, aku mulai suntik Tapros dan minum Provera (3 x sehari) sejak 25 Jan 2010, 1 minggu setelah operasi laparoskopi ku.

Selama 3 bulan dalam treatment Tapros & Provera ada beberapa hal aneh yang terjadi pada diriku. kenapa aneh? soalnya kata dokter ku biasanya orang yang lagi menjalani regime seperti ini nggak mengalami apa yang aku alamin.

Nih aku share apa aja yang aku alamin selama 3 bulan kemarin ini.

– 1.5 bulan setelah jalan Tapros, tiba-tiba aku mens. Harusnya kalo lagi dalam treatment Tapros, nggak mens. Dokter bilang sih nggak apa-apa, biasanya memang ada yang bulan pertama Tapros masih mens, abis itu baru nggak. Trus karena mens ku lebih banyak daripada biasanya, dokter bilang mungkin itu karena bekas operasi juga. Soalnya itu mens pertama aku sesudah operasi.

– Di bulan kedua, aku nge flek. sebenernya ini bingung antara nge-flek atau mens. tapi keluarnya dikit-dikit and it last for about 2 weeks. yak selama 2 minggu itu udah e-mail2 an sama dr. ivan terus.. aku takut banget kalo pendarahan atau apa gitu.. soalnya baru bener-bener berhenti setelah 2 minggu. Untung akhirnya berhenti, jadi dr. Ivan bilang buat lanjut aja dengan treatment provera nya.

– Semua orang nanyain tentang sideefek nya Tapros sama Provera. Katanya ada yang bilang nafsu makan nambah, sering pusing, cepet cape,  dll. Dokter juga udah warning soal hot flush sama pusing-pusing. Tapi Alhamdulillah aku nggak ngerasain semua itu. Pernah sih waktu itu ngerasa kepanasan banget pas di tukang foto kopi di margonda depok sampe mbak2 tukang fotokopi nya takut aku kenapa-kenapa hahaha… tapi menurutku wajar banget kepanansan.. orang siang bolong di jalan margonda yang panas meteng-teng gitu.. dan itu cuma terjadi satu kali. Trus pusing juga nggak. Kalo nafsu makan sejak sebelum treatment juga makannya udah banyak, so can’t see the difference 😀

– Ada yang bilang karena itu hormon treatment, jadi emosi naik turun. Hmm.. aku sih nggak terlalu ngerasa pengaruhnya. lebih ngerasa emosi naik turun pas lagi IVF kemarin.

Yah kurang lebih gitu lah pengalaman under Tapros & Provera selama tiga bulan kemarin ini. Mid May bulan depan mau check lagi ke dokter dan cek apakah Provera udah bekerja dengan baik. Hopefully the lining of my womb will turned out to be ok and we are ready for another baby project 🙂

baby dust for everyone who’s trying….******

10 Comments»

  anti wrote @

Dear mbak,
aq baru jalanin laparascopy tgl 24 agustus krmn sm dr wachyu hadisaputra juga, aq mau tanya donk, perban atau tensoplasnya brp kali ganti ya? cos aq smpi skrg br 2 kali diganti sm dokternya, eh dokternya lupa kasih tau kpn harus ganti lagi? btw aq br tapros yg pertama , sama 1 minggu setelah LO..bwt infonya tks bgtt ya
Salam Kenal;)

  nityaanindita wrote @

Hi mbak anti, aku waktu itu nggak ganti perban sama sekali. pas kontrol 5 hari sesudah LO, dr. Ivan bilang lukanya udah kering jadi nggak perlu di perban lagi. Abis itu langsung deh dilepas perbannya dan nggak pake2 lagi. Alhamdulillah proses penyembuhannya cepat sekali waktu itu.

Aku abis itu juga Tapros dosis suntik satu kali tapi itu untuk 3 bulan. Dr. Ivan yang menyarankan aku pake tapros yang ini biar aku nggak repot bolak balik. waktu itu di apotik BIC nggak ada/habis Tapros yang seperti ini. Aku dapetnya di apotik Titi Murni.

Semoga info nya ngebantu ya.

  anti wrote @

wahh suntik sekali tapi untuk satu bulan, brp harganya mb?hehee 3 x lipat kali ya, aq setelah 5 hari LO perban diganti sm tensoplast, trus blm dikasih tau lg kpn gantinya, makanya hari ini mau ke RS Bunda. okey Thankyou..sama2 mendoakan agar segera dikaruniai, diamanahi keturunan. aminn

  jaemi wrote @

hi salam kenal ya, aku mau share kemaren di LO, cek aja ke : http://wherehappinesscomesfrom.blogspot.com/
smoga berguna ya.tq

  sabrina wrote @

Dear girls, salam kenal. Gw sabrina, september ini br aja LO. Skrg lg tahapan tapros udh yg ke2, bln depan terakhir, gw jg di bunda depok. Dokternya pernah blg efeknya badan jd agak panas gitu,bener bgt, dulu gw jarang minum air es, skrg2 mlm2 gw maunya minuman yg dingiiiin bgt…hehe. Gw kok ga dikasih provera ya, btw itu gunanya utk gmn ya, biar enak gitu nanya kedokternya…cheers&cayo

  nityaanindita wrote @

Hi Sabrina, waktu itu aku dikasih additional resep provera karena ada hyperplasia juga berdasarkan hasil pathology lab dari contoh sel yang diambil pas lagi LO.

  lydia wrote @

hi nitya..salam kenal ya..aku link blog kamu di blog aku…sudah sering baca2 blog ini, akhirnya kemarin 5 november memutuskan utk LO dgn dr. wachyu di rs bunda…sempet ketemu dr. ivan juga sebelum operasi..hehehe.. btw, kamu setelah lulus tapros gimana sudah mens lagi atau belum yah nitya? kondisi endometriosis-nya juga sudah berkurang kan? mudah2an Tuhan menyertai perjuangan kita yaa..pingin banget ngobrol2 lewat email…hehehe…thanks yaaa

  nityaanindita wrote @

Hi Lydia salam kenal juga… boleh banget kalo mau ngelink blog aku semoga bermanfaat buat yang baca.

Aku Alhamdulillah udah lama selesai tapros dan udah balik lagi mens nya. kondisi endometriosis memang kayaknya berkurang soalnya kalo mens nggak sakit lagi. Tapi dokter udah warn juga kalau bisa kembali lagi kapan aja… jadi aku juga ya cuma bisa berharap aja.

Sukses ya Lydia buat usahanya, insyaAllah ya giliran kita menggendong anak sendiri segera datang 🙂
kalau mau e-mail2 boleh ke nitya.anindita@gmail.com

  Nisa wrote @

alow mba Nitya, salam kenal…
mo nanya dikit boleh ya 🙂 tgl 7 kmrn aq LO di Bunda Depok, sjak itu sampe krg lbh 10hr aq ngeflek dikit2 gt. Sblmnya siklus mensku teratur, n harusnya dpt mens tgl 19 Maret ini, tp knp smpe skrg blm dpt ya? pdhl aq blm dpt suntikan Tapros ato apapun. Dulu mba Nitya kpn dpt mens lg stelah LO? apakah LO bkin siklus kita berubah?
tlg masukannya ya Mba,
Trima kasih 🙂

  nityaanindita wrote @

Hi Nisa, maaf ya telat baanget nih aku reply nya.
Nisa coba deh tanya obgyn nya Nisa. mungkin setiap orang beda2 ya responsnya sesudah LO itu. Setau aku LO itu nggak bikin siklus mens berubah. But again, I’m not a doctor. Jadi lebih baik Nisa langsung tanya obgyn nisa.


Leave a Reply

