The road to Motherhood…

the struggles i'm facing… the chances i'm taking… sometimes might knock me down… But no, I'm not breaking…

IVF Boot Camp (Starting another IVF treatment – Part 4)

Gyaaaa… posting kali ini judulnya IVF boot camp, karena it was literally what i feel for the last 2 weeks going through stimulation di ARGC.

Hari pertama aku dapet lagi setelah monitoring cycle, pas tanggal 1 dec. Tanggal 2 nya aku di mandat buat dateng lagi ke klinik untuk blood test dan scan. untuk memulai stimulation, FSH harus dibawah 10. katanya FSH ini meengindikasikan egg reserves kita. semakin rendah semakin bagus. Kalau FSH diatas 10, sebaiknya cycle nya ditunda ke bulan depannya.

Alhamdullilah FSH ku dibawah 10 dan kita good to go buat mulai stimulation. Sebelum stimulation dokter mandat lagi kalo aku harus hysteroscopy karena dia mau melihat keadaan lining of the womb dan make sure semua sel-sel nya bagus nggak ada polip dan lain-lain yang mungkin nanti menganggu pertumbuhan embrio. Apalagi setelah beberapa kali failled IVF, Dr T pengen to be sure nggak ada apa-apa.

Menuruti mandat dokter, D3 pagi-pagi buta dianter suami aku masuk ruangan op buat Hysteroscopy. Di bius total jam 7 pagi, nggak berasa apa-apa. sadar2 nggak berasa sakit juga cuma sedikit bleeding. Good news, hasil hysteroscopy bagus nggak ada apa-apa dan pathology test juga nggak dibutuhkan. Jam 11 siang nya udah keluar dari klinik dan langsung pulang tepar karena mungkin masih ada efek obat bius jadinya tidur seharian.

D5 blood test lagi paginya, dan siangnya ditelfon nurse kalo Dr T decide that it was the right time for me to start stimming.

Sedikit beda sama obat stimulasi yang aku pernah pake di cycle IVF sebelumnya, kali ini obatnya ada 2 Fostimon dan Merional both are injections. Kata nurse nya nanti di pake nya bergantian tergantung instruksi dokter hari itu berdasarkan hasil test darah pagi nya.

Trus mulai hari stimulation sampai egg collection, setiap pagi jam 7.30 aku udah harus di klinik buat blood test. in some days scan juga. seminggu terakhir blood test 2 kali sehari. yang kedua mungkin sekitar jam 12 siang. Pas hari itu dengernya sih kayaknya oke-oke aja dan sanggup lah ya, malah lega karena berarti Dr nya monitor very closely.

Tadaaa… when those days started.. kenyataan tidak seindah bayangan hahaha..
Tiap pagi harus bangun 4.30am. Mandi siap-siap gantian sama hendra.. kadang sarapan kadang kalo nggak sempet bawa yoghurt makan di train. Jam 6.30am kita dah harus cabut dari flat, nunggu bus ke train station, catch the fast train, change to underground, jalan dikit, dan finally 7.30am sampe di klinik. Okeh hari pertama masih semangat.. hari ke 3 baru berasa capeeeekk nya minta ampun. Malem-malem jam 7 jam 8 udah tumbang nggak kuat ngantuk banget… dan belom lagi itu klinik udah kayak drakula, tiap pagi diambil darah kayaknya bikin badan tambah lemes. The winter cold and snow doesnt help at all.. keluar rumah jam 6.30 masih gelap gulita. Tapi ini semua demiiiii… demiiii impian kita menggendong anak sendiri, akhirnya dengan pasrah dan ikhlas kita jalanin hari-hari ini.

Yang terjadi biasanya jam 7.30am blood test (setiap hari), abis itu lanjut scan (2 hari sekali). Sekitar jam 12 siang di telfon untuk instruksi dosis injection malamnya. So far aku selalu di dosis terendah untuk suntikan2 stimulasi obviously karena PCO ku jadi dokter harus hati2 biar aku nggak overstimulated. Mulai D7, aku mulai dapet instruksi buat hang around deket klinik sesudah scan/blood test pagi, karena kemungkinan aku mesti repeat blood test siangnya dan aku harus kembali ke klinik within 1 jam setelah mereka telfon. Jadilah sehari-hari aku nangkring di Starbuck terdekat menunggu telfon dari klinik.

Setelah beberapa hari stimming aku mulai ngeliat perbedaan nya dengan stimming di cycle2 sebelumnya. stimming kali ini di hari ke 4 folikel-folikel ku udah pada growing nicely 🙂 di cycle sebelumnya biasanya baru kelihatan kaya gini di hari ke 8-9 stimming. mungkin karena obatnya beda dan yang ini lebih cocok kali ya. Trus estrogen ku juga rising max sampe 10ribu while di cycle sebelum2nya bisa sampe 13ribu. jadi kali ini less bloated and feels much better.

Alhamdulillah akhirnya di hari ke 12 stimulation, Dr T decided it’s the time for trigger injection dan 36 jam sesudah trigger injection adalah waktunya egg collection yang insyaAllah sabtu besok ini. Semoga egg collection berjalan lancar.. bisa panen banyak telur dan yang paling penting mereka bisa fertilise dengan baik sampai saatnya nanti mereka kembalik ke rahim ku.

So far we feel like we are in a good hand. It does feels like a boot camp at the same time, but we realise at the end Dr T just want us to have a baby like we’ve always been dreaming of.

beberapa hal ;ain lagi yang berbeda so far dengan cycle2 sebelumnya:
– aku di prescribe Metformin at least harus dikonsumsi 8 minggu sebelum mulai treatment, karena dokternya percaya bahwa metformin meningkatkan kualitas sel telur
– Minum air minimal 4 liter per hari dan susu 1 liter perhari dimulai sejak D1 stimulation
– Dexamethosone diminum mulai stimulasi D5. Obat ini kata dokternya buat kontrol level of Natural Killer cells ku
– Aspirin dan Clexane injection setiap malam dimulai stimulasi D5 . Ini harus dikonsumsi setiap 12 jam. katanya sih blood thiner.

sekian dulu update nya.. semoga boot camp ini bener2 memberikan hasil yang aku sama hendra pengenin dan worthed at the end. nanti update-update lagi sesudah egg collection dan embrio transfer.

semangat yaaa buat semua yang trying for a baby 🙂

10 Comments»

  Rita wrote @

Semangaaatt… Percobaan inseminasi pertamaku kemarin ini gagal, sedih sih… Tapi mau tetep optimis aja 🙂

  pitpit wrote @

Jadi deg2an .. ga sabar nunggu hasilnya ..
goodluck ya tiko-hendra .. semangat! 😀

  lavenderungu04 wrote @

Semangat selalu yach,,,
All the best!

  nityaanindita wrote @

Thank you! 🙂

  naila wrote @

nita semangat ya….semoga yg ini berhasil…amin

  nityaanindita wrote @

Amiiin.. Thanks ya Naila 🙂

  Anggi Karimuddin wrote @

Syemangaaaaat Tiko-Hendraa!! Tebar-tebar baby dust.. Semoga hasilnya bagus yaa.. *pelukpeluk*

  naila wrote @

nitaaaa gimana hasilnya??gak sabar neh nunggu ceritanya…aku rencana juga mo IVF..tp di morula ajah..doain ya…

  yuli wrote @

hai.. mba nit.. gmn hslnya? aq jd deg-deg kan jg nih. oh y mba nit aq bs minta info biayanya g? rencnnya aq jg mo IVF tp msh ada kendala di biaya mba. jd msh hrs nabung2 dlu hehe… thank’s y mba nit…. jgn menyerah… semangat!!!

  nityaanindita wrote @

mbak Yuli kalau mau tau info biaya IVF langsung aja mbak tanya ke klinik nya. Biaya nya di tiap klinik berbeda-beda.


Leave a comment